Home Peluang Usaha Waralaba Cara Memulai Bisnis Franchise Indonesia

Cara Memulai Bisnis Franchise Indonesia

0

| Dikirim pada: 30-12-2012 | Kategori: Waralaba | tema: Bisnis Franchise
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading ... Loading ...

Setiap manusia pasti punya jiwa bisnis sehingga ketika sudah mencapai usianya ingin sekali memulai suatu bisnis usaha. Salah satu yang paling populer di Indonesia adalah bisnis franchise. Hal ini tidak mengherankan. Bisnis franchise sendiri tergolong mudah karena sudah punya nama sebelumnya, oleh karena itu mereka yang memulainya tidak perlu repot dengan urusan promosi dan sebagainya. Anda hanya perlu menjalankannya saja! Pun bisnis franchise di Indonesia sangat disarankan bagi mereka yang baru memulai usaha karena mereka bisa sekaligus belajar dengan panduan yang didapatkan. Anda pasti sudah pernah mendengar mereka-mereka yang telah berhasil terjun ke dunia bisnis franchise.

Namun memang diperlukan cara memulai bisnis franchise agar berhasil. Karena bukan tidak ada juga yang gagal total menjalankan suatu bisnis franchise. Untuk itu, mari simak cara memulai bisnis franchise di Indonesia berikut ini:

  1. Selektif memilih bisnis franchise
    Keseringan yang terjadi mengakibatkan kegagalan menjalankan bisnis franchise adalah kurang cermatnya memilih bisnis franchise. Oleh karena itu, pilih mereka yang memang sudah punya pengalaman bisnis di Indonesia. Produk dan jasa mereka memang sudah terbukti dipercaya dan punya prospek baik ke depannya. Untuk itu, minta penjelasan detil di awal ketika akan memutuskan membeli hak franchise.
  2. Proyeksi dana
    Satu hal yang bisa membuat seorang pengusaha gagal untuk menjalankan bisnis franchise adalah kekurangan dana. Hal ini sebenarnya bisa diatasi sedari awal. Caranya adalah dengan meminta business plan secara rinci. Dari situ, Anda bisa membaca seberapa realistis mereka untuk memprediksi minat pasar di Indonesia. Kemudian kondisikan pula dengan tempat Anda. Pun harus diingat bahwa franchise yang makin terkenal pasti lebih mahal. Untuk itu, memang Anda harus siap modal yang kuat. Pun perhitungan yang akurat harus dibuat dari awal mengenai pembayaran royalti, biaya operasional Anda sendiri dan keuntungan apakah memang sudah memadai.
  3. Lokasi usaha
    Tak kalah pentingnya adalah untuk menentukan lokasi usaha Anda. Hal ini penting karena lokasi yang tidak strategis pun tidak akan membuat bisnis franchise Anda berhasil. Untuk itu, Anda bisa berkonsultasi dengan bisnis franchise yang Anda incar termasuk menentukan lokasi yang tepat untuk membuka usaha tersebut. Perhatikan juga berapa jauh jarak antara satu cabang dengan cabang Anda nantinya, karena hal inipun akan menentukan. Jika terlalu dekat malah akan membuat cabang Anda tidak laku dan persaingan yang sangat ketat karena harus ‘melawan’ cabang yang sebenarnya satu bendera.

Anda pun Ikut Berperan!

Pun harus diingat, berkonsultasi dengan si pemilik bisnis franchise tidaklah salah malah dianjurkan. Tetapi, Anda pun tidak boleh sepenuhnya percaya dan bersandar penuh, harus ada wawasan sedikit dan perhitungan Anda sendiri. Jika memang memungkinkan, meminta bantuan dan bekerja sama dengan teman yang telah berpengalaman dapat dilakukan. Yang pasti cara memulai bisnis franchise Indonesia harus benar-benar dalam pertimbangan matang. Meski punya bisnis franchise yang Anda incar punya nama besar sekalipun, jika terdapat cacat di berbagai persyaratannya bukan tidak mungkin untuk gulung tikar.

Bisnis franchise tergolong mudah tetapi tentu tidak membuat kita tidak memikirkan apapun dan lepas tangan dan membiarkan orang lain yang menangani. Anda tetap harus belajar berinovasi dan melakukan pengembangan dalam batas wajar untuk bisnis Anda tersebut. Siapa yang tahu di kemudian hari, Anda bisa mengembangkan bisnis sendiri? Hanya Anda yang tahu!

Komentar anda

Komentar Anda untuk
Cara Memulai Bisnis Franchise Indonesia