Home Peluang Usaha Proses & Prospek Bisnis Rental Mobil

Proses & Prospek Bisnis Rental Mobil

3

| Dikirim pada: 22-04-2013 | Kategori: Peluang Usaha | ilustrasi: Janusz Gawron | tema: Bisnis Rental Mobil
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading ... Loading ...

bisnis-rental-mobil

Salah satu jenis bisnis yang paling digemari dan menjanjikan saat ini adalah: BISNIS RENTAL MOBIL. Anda pasti sudah sering melihat bahkan di pinggir-pinggir jalan menawarkan rental mobil. Hal ini pulalah yang menjadikan daya saing bisnis rental mobil cukup tinggi. Meski begitu, peluang bisnis ini tetap layak Anda coba karena tetap menguntungkan. Apalagi masyarakat sekarang yang membutuhkan sarana transportasi memadai. Rental mobil dianggap lebih efektif ketimbang menumpang bus untuk bepergian.

Bagaimana proses untuk memulai sebuah bisnis rental mobil? Berikut beberapa langkahnya yang bisa Anda terapkan:

1. Mengangsur mobil
Tahukah Anda bahwa dengan merentalkan mobil yang Anda angsur, biaya angsurannya bisa ditutupi dari hasil yang diperoleh dari rental tersebut? Bisa dikatakan yang Anda keluarkan untuk pertamanya adalah pembayaran DP. Mari simak contoh berikut:

Anda membeli mobil merk Daihatsu Xenia misalnya. DP sekitar 15-20 juta dengan tenor selama 3 tahun. Pembayaran per bulannya adalah sekitar Rp 3 juta. Nah, asumsi harga rental mobil adalah 300ribu tanpa supir, ataupun 450ribu berikut dengan supir. Jadi, kalau dikalikan Anda hanya perlu menyewakan mobil selama 10 hari dalam sebulan untuk memperoleh pembayaran angsuran!

2. Jenis mobil
Biasanya mobil yang paling laris disewa adalah merk Avanza dan Xenia. Sementara itu, untuk jenis APV sangat jarang. Pemilihan jenis mobil sangat menentukan awal bisnis Anda. Harga mobil Xenia sendiri jauh lebih murah ketimbang Avanza. Jadi, jika Anda belum kuat modal bisa memilih merk Xenia dulu. Uang sewa mobil apakah Xenia atau Avanza sama saja.

Biasanya orang memang memilih Avanza, namun jika yang ada Xenia biasanya mereka mau saja. Yang penting adalah mobil tahun terbaru sehingga kondisi interior, eksterior dan mesin dalam keadaan baik.

3. Keamanan mobil
Khususnya jika mobil disewa tanpa supir maka perhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Gunakan asuransi all risk. Memang sedikit lebih mahal namun yang penting adalah segala resiko akan di-cover oleh pihak asuransi sehingga aset Anda aman.
  • Pasang GPS tracker pada tempat tersembunyi di dalam mobil. Harga GPS tracker adalah sekitar 2-4 juta. Jadi, Anda bisa melakukan track record pada mobil Anda melalui komputer di rumah. Terdapat pula fitur log yang bisa merekam semua perjalanan dari mulai rute, waktu dan sebagainya.
  • Hindari untuk menyewakan mobil kepada perorangan dalam waktu yang cukup lama. Ini untuk mengantisipasi mobil Anda digadaikan atau disewakan lagi dengan tarif di atas Anda. Untuk itu, Anda bisa melakukan pengamatan lewat GPS. Apabila posisi mobil di Semarang, namun seseorang tersebut mengatakan di Surabaya maka Anda dapat menindaklanjuti.

4. Sistem promosi dan marketing
Sistem promosi dan marketing bisnis rental mobil cukup mudah karena memang dibutuhkan. Apalagi jika mobil yang Anda sewakan adalah mobil tahun terbaru maka akan semakin banyak peminat.

Namun tentu promosi tetap diperlukan. Anda dapat melakukan promosi offline seperti memberi tahu teman kantor, kerabat, klien dan kenalan mengenai rental mobil Anda. Atau Anda bisa beriklan di berbagai surat kabar atau majalah di kota Anda. Selain itu, promosi onlinepun akan sangat efektif. Anda bisa membuat website rental mobil Anda. Buat tampilan yang menarik dan disertai promo-promo di saat-saat tertentu.

Nah, apakah Anda berminat untuk memulai bisnis rental mobil ini? Sudah melihat prospeknya, bukan? Tentu pula proses yang dijelaskan di artikel ini tidaklah sulit. Selamat mencoba!

Komentar (3)

Siiiipppp,….. Inspiration, Good Job

Sangat inspiratif !!

agan mw tanya kalo ganti pass sama name gps bisa ga? soalnya gw ada masalah sama yang pasang gps mobil rent gw dlu. thanx

Komentar anda

Komentar Anda untuk
Proses & Prospek Bisnis Rental Mobil