Home Peluang Usaha Peternakan Bisnis Ternak Jadi Bisnis Menjanjikan

Bisnis Ternak Jadi Bisnis Menjanjikan

1

| Dikirim pada: 22-12-2012 | Kategori: Peternakan | tema: Bisnis Ternak
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading ... Loading ...

Bisnis ternak bisa menjadi alternatif bisnis yang bisa anda jalankan. Apalagi di Indonesia bisa dikatakan bisnis ini cukup menjanjikan. Ada banyak hewan yang bisa diternakkan. Mulai dari kambing, sapi, ayam, itik, ikan, dan lainnya. Anda hanya perlu mempertimbangkan lokasi anda akan beternak, minat anda, modal yang dimiliki, waktu pemeliharaan dan lainnya. Apapun usaha ternak yang ingin anda jalankan pastikan kandang berada di lokasi yang tepat. Misalnya tidak menganggu pemukiman setempat sehingga anda pun tidak diprotes oleh warga sekitar. Dengan ketelatenan anda dalam merawat ternak maka anda pun akan segera memperoleh balik modal.

Memilih Hewan Ternak

Jika anda berada di lokasi daerah atau perkampungan atau di desa maka bisnis ternak hewan apapun bisa anda lakukan. Karena akan mempermudah hewan ternak dalam memperoleh makanan mereka. Misalnya anda ingin beternak kambing atau sapi maka tempat yang cocok adalah tempat yang banyak ditumbuhi oleh tanaman hijau. Karena jika anda beternak sapi atau kambing di kota tentu akan kesulitan untuk memperoleh makanan bagi ternak anda. Selain itu anda juga pasti akan diprotes oleh warga sekitar tempat anda karena bisa dipastikan kotoran ternak anda akan membuat lingkungan sekitar menjadi bau. Jika anda ternak ayam petelur pastikan kandangnya jauh dari pemukiman karena jika berada di lokasi yang ramai maka bisa dipastikan ayam anda akan stress sehingga tidak bisa bertelur.

Nah, untuk itulah sebabnya ada baiknya anda menentukan bagaimana kondisi keuangan, lingkungan dan minat anda dalam menjalankan ternak anda tersebut. Ada beberapa hal yang sebaiknya anda lakukan, antara lain:

  • Jika anda tinggal di pedesaan dan jarang pemukiman maka tidak terlalu ada masalah. Namun jika anda tinggal di pemukiman padat sebaiknya anda mencari tahu apa yang paling tepat. Selain itu anda sebaiknya juga meminta izin jika akan melakukan ternak.
  • Jika anda di perkotaan maka sebaiknya anda mencari lokasi beternak yang jauh dari pemukiman. Namun jika itu anda lakukan maka akan membuat anda membutuhkan tenaga untuk menjaga lokasi peternakan anda.
  • Selalu perhatikan kebutuhan makananan, minuman dan imunisasi bagi hewan ternak anda. Hal ini dilakukan agar kesehatan hewan ternak anda terjamin sehingga jauh dari penyakit. Misalnya sapi anda terhindar dari antrax, ayam atau itik anda terhindar dari flu burung dan lainnya.

Memanen Keuntungan

Jika sudah saatnya panen, maka hal itulah yang akan menjadi saat yang menyenangkan bagi anda. Selalu jaga kualitas ternak anda sehingga anda tidak akan mengecewakan konsumen. Misalnya daging-daging yang berasal dari peternakan ayam anda selalu sehat dan terbebas dari flu burung, atau lainnya. Kualitas daging dari peternakan anda yang akan menjadi jaminan bagaimana anda bisa memperoleh keuntungan dari bisnis ternak yang anda jalankan tersebut.

Komentar (1)

gmn cara ny mnjlin kmitraan,sy cuma pny modal lokaasi..dan kandang sapi

Komentar anda

Komentar Anda untuk
Bisnis Ternak Jadi Bisnis Menjanjikan