Home Bisnis Modal Cara Mendapatkan Modal Untuk Memulai Usaha

Cara Mendapatkan Modal Untuk Memulai Usaha

8

| Dikirim pada: 08-03-2013 | Kategori: Modal | ilustrasi: Darren Deans | tema: Cara Mendapatkan Modal
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (3 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading ... Loading ...

cara-mendapatkan-modal

Mendapatkan Modal Untuk Memulai Usaha – Salah satu kendala yang paling umum dijumpai dalam memulai suatu usaha adalah permasalahan modal. Banyak orang yang terhambat dan tidak bisa membuka usaha karena tidak memiliki modal. Ada juga yang memiliki modal, namun tidak mencukupi untuk membuka usaha sesuai dengan yang direncanakan. Kesulitan dalam mendapatkan modal seringkali menjadi alasan bagi banyak orang untuk menunda memulai usaha atau bahkan tidak berniat untuk membuka usaha sendiri.

Artikel kali ini akan membahas cara mendapatkan modal untuk memulai usaha. Ada beberapa cara yang tepat dalam memperoleh modal usaha tanpa menimbulkan kesalahan yang serius dalam berbisnis. Berikut ini penjelasan mengenai cara-cara tersebut untuk dapat Anda terapkan dalam kehidupan bisnis Anda.

Berbagai Cara Tepat Mendapatkan Modal Untuk Memulai Usaha

  • Melalui Ide
    Cara pertama ini tergolong sangat ampuh dalam mendapatkan modal untuk memulai usaha. Bagaimana Anda bisa memperoleh uang melalui ide? Yaitu dengan menjualnya! Anda bisa menjual ide yang sudah Anda persiapkan dengan mata kepada orang yang berpotensi besar ataupun sangat membutuhkan ide tersebut. Kemudian, Anda bisa mengundangnya untuk bergabung bersama Anda dan bekerja sama. Dengan demikian, orang yang Anda ajak tersebut bisa terjun langsung dalam memulai dan mengembangkan ide. Namun, cara ini tentu tidak terlepas dari upaya yang keras guna meyakinkan orang tersebut agar percaya kepada Anda. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya mempersiapkan jaminan, seperti identitas yang lengkap dan juga sertifikat. Jangan lupa untuk menjelaskan keuntungan yang akan diperoleh olehnya jika menerima tawaran Anda.
  • Melalui Tabungan
    Pilihan ini memang cukup bagus dan hampir tidak memiliki resiko dalam memperolehnya. Namun, pastinya akan membutuhkan waktu yang lama dalam mewujudkannya. Anda terpaksa harus menunggu sampai tabungan benar-benar cukup baru bisa digunakan untuk membuka usaha. Jika Anda ingin segera memiliki tabungan yang cukup banyak, maka Anda harus bekerja lebih keras agar jumlah tabungan bisa meningkat dalam waktu singkat. Meskipun demikian, tidak salah juga jika Anda ingin mendapatkan modal untuk memulai usaha melalui tabungan.
  • Melalui Hutang
    Pilihan terakhir dalam mendapatkan modal untuk memulai usaha adalah dengan berhutang. Pilihan ini terbagi ke dalam dua pilihan lagi, yaitu teman dan saudara. Bagaimana Anda bisa memperoleh modal dengan berhutang kepada teman dan saudara? Simak penjelasannya berikut ini!

    1. Hutang Kepada Teman
      Jika Anda ingin berhutang kepada teman, tentunya Anda harus memiliki teman terlebih dahulu. Oleh sebab itu, upayakan untuk menjaga hubungan yang baik dengan orang-orang di sekitar Anda agar Anda memiliki nama baik di antara kenalan Anda. Ketika Anda ingin berhutang kepada teman, Anda jangan meminta begitu saja. Tetapi, buatlah proposal mengenai proyek yang akan segera Anda kerjakan dengan modal tersebut. Lalu, jelaskan keuntungan bila teman tersebut meminjamkan uangnya kepada Anda sehingga uang tersebut bukan sekedar hutang, melainkan peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Cari perusahaan yang sudah berpengalaman dalam bidang bisnis yang Anda rencanakan untuk bekerja sama. Anda pun harus memiliki nilai plus yang bisa diandalkan dalam bisnis tersebut sehingga meyakinkan mereka untuk bekerja sama dengan Anda. Ya, hutang kepada teman merupakan cara cepat mendapatkan modal untuk memulai usaha.
    2. Hutang Kepada Saudara
      Jika ingin berhutang kepada saudara, sebaiknya benar-benar dipertimbangkan secara matang karena beresiko terhadap putusnya tali persaudaraan. Jadi, posisikan pilihan ini pada urutan yang terakhir karena resikonya cukup berbahaya. Namun, jika Anda terpaksa melakukannya, jelaskan dengan pasti kapan Anda akan membayarnya atau bagaimana Anda akan mencicilnya. Sebisa mungkin, berikan juga keuntungan kepada saudara yang memberikan pinjaman tersebut. Ketika terjadi kendala dalam membayar, tetaplah berkomunikasi dengan baik dan bertata krama dengan membayar bunga dan menjelaskan alasannya.

Pilihan cara di atas guna mendapatkan modal untuk memulai usaha bisa Anda pertimbangkan untuk menentukan cara yang paling cocok dengan kondisi Anda. Yang terpenting, rencana bisnis yang sudah matang disusun rapi dapat segera diwujudkan dan menghasilkan keuntungan bagi kedua pihak. Selamat berbisnis!

Komentar (8)

Saya ahmad mulyadi, saya ingin sekali jumpa dermawan yang mau memberikan modal untuk usaha bersama kami mampu untuk usaha peternakan namun kami terbentur permodalan, bagi anda dermawan yang mau membantu, hubungi saya di 081313834822

saya se orang pekerja……keras apapun jenis pekerjaaan itu bagi dermawan yang memerlukan tenaga sepertyi saya .saya bersedia apapun jenis pekerjaan itu,pengalaman kerja saya lebi dari cukup,,,,,hp.085238792227

peluang usaha !!!!
ubah pembelian pulsa jadi penghasilan, sistem power matrix DAHSAT & POWERFUL
info ketik : DAFTAR#NAMA#VCR6056 (ganti nama aja)
kirim ke 085747548703

Menarik tulisan mengenai mendapatkan modal untuk mulai usaha melaui hutang. Bagaimana kalau opsinya dg hutang ke bank ? Bagaimana mengelolanya? Apakah modal yg kita dpt di investasikan semua atau ada proporsi persentase penempatan modal?
Terimakasih sharingnya

Ini sangat tergantung dari keberanian anda dalam mengambil resiko dari usaha yang akan dijalankan. Menurut saya, sebaiknya pelajari lebih detail terlebih dahulu resiko terbesar pada usaha tersebut. Saat ini banyak sekali informasi di internet maupun buku2 mengenai pengalaman pahit dari usaha sejenis dengan usaha anda. Apabila anda menggunakan porsi sebagai pengaturan keuangan, ada kemungkinan anda akan meremehkan usaha yang pertama krn yakin masih tersedia modal berikutnya. Berusaha harus fokus dan yakin 100% sukses. Bila masih ragu sebaiknya ditunda dulu sampai benar2 yakin. Kegagalan itu hal yang biasa. Untuk bisa sukses jangan takut gagal.

Mungkin ini bisa menjadi inspirasi untuk kita semua:
Thomas Alva Edison pernah gagal 10.083 kali dalam percobaannya untuk menciptakan lampu pijar.
Kolonel Sanders, penemu Kentucky Fried Chicken (KFC) – ia baru berhasil meraih sukses setealh ditolak menawarkan resep ayam gorengnya sebanyak 1009 kali.
Donald Trump, pengusaha properti terkenal benar-benar jatuh dengan hutang US$ 3,5 miliar di awal dekade 199http://5persen.com/wp-admin/edit-comments.php#comments-form0-an. Namun dengan kepandaiannya bernegosiasi ia bisa bangkit lagi. Kebangkitannya malah disebut-sebut sebagai salah satu kebangkitan bisnis paling menakjubkan.

Marilah sukses dengan melewati duri kegagalan.

Bagi saudara2 pembaca blog ini, salam perkenalan dari saya, Herry, untuk admin mohon izin untuk menyampaikan informasi penting berkaitan dengan artikel cara mendapatkan modal.

Pinjaman Dana Tunai Jaminan BPKB Motor dan Jaminan BPKB Mobil Untuk Seluruh Indonesia (Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Lombok, Maluku dan Papua) serta Jaminan Sertifikat Tanah Khusus Area Daerah Istimewa Yogyakarta. Selengkapnya kunjungi : http://danatunaijogja.blogspot.com

Terimakasih admin dan terimakasih pembaca…..

Salam jabat tangan erat dari saya

Herry

Artikelnya bagus sekali..
Sebenarnya banyak sekali peluang usaha yang ditawarkan di internet saat ini dengan modal kecil bahkan bisa jadi tanpa modal, yang penting bermodal JUJUR. Misalnya Anda bisa mulai membangun usaha toko online dengan menjadi Reseller atau Dropshiper.

Perkenalkan, saya Eka. Domisili Kalimantan Selatan. Saya bermaksud mencari investor yang mau bekerja sama di bidang Perumahan. Saya tidak memiliki fresh money, hanya jaminan berupa tanah seluas 1.022m2 yang berada tepat di tengah kota dan tanah seluas +/- 3.000m2 yang berada di daerah perkebunan sawit.

Saya menginginkan bentuk kerjasama bagihasil. Hanya untuk yang berminat, info lebih lanjut bisa langsung contact saya ke 0813 4949 6050.

Komentar anda

Komentar Anda untuk
Cara Mendapatkan Modal Untuk Memulai Usaha