Home Peluang Usaha Multi Level Marketing Keuntungan Bisnis MLM dan Kiat Menjalankannya

Keuntungan Bisnis MLM dan Kiat Menjalankannya

1

| Dikirim pada: 30-12-2012 | Kategori: Multi Level Marketing | tema: Keuntungan Bisnis MLM
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading ... Loading ...

Bisnis MLM – Salah satu peluang usaha yang dapat dimulai oleh seorang pemula dalam bisnis adalah bisnis MLM. Kepanjangan dari singkatan ini adalah multi level marketing yang dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai pemasaran berjenjang. Bisnis ini sudah sejak lama dijalankan oleh beberapa perusahaan dan diketahui oleh banyak orang.

Bisnis MLM dijalankan melalui sistem jaringan, di mana di dalamnya terdapat beberapa level seperti upline dan downline. Agar dapat meraih peringkat yang lebih tinggi serta keuntungan yang banyak, upline harus mendapatkan downline sebanyak mungkin. Bagaimana caranya? Yaitu dengan melakukan target pemasaran baik terhadap suatu komunitas atau perorangan.

Sistematis Bisnis MLM dan Keuntungannya

Sesuai penjelasan sebelumnya, seorang upline harus mendapatkan downline. Kemudian, jika downline tersebut aktif dalam melakukan transaksi, maka upline akan menerima bonus. Semakin banyak dan aktif downlinenya, maka upline tersebut dapat semakin naik posisinya hingga mencapai manager atau direktur. Downline itu sendiri juga bisa memperoleh bonus dan kenaikan posisi dengan melakukan hal yang sama.

Pada umumnya, bisnis MLM kebanyakan dijalankan oleh mahasiswa dan ibu rumah tangga karena tidak menuntut jam kerja yang tetap. Tidak seperti bisnis lainnya, bisnis ini sudah dapat dijalankan hanya dengan membawa katalog, harga dan beberapa catatan lainnya. Sistem berjualan dengan bisnis MLM memang praktis, beberapa alat yang diperlukan ketika memasarkan produk adalah kartu nama, daftar harga, spesifikasi produk dan terutama katalog produk. Nah, apa saja keuntungan yang akan didapatkan jika kita memasuki dunia bisnis MLM? Beberapa keuntungannya adalah sebagai berikut.

  • Produk bisnis MLM.
    Pada umumnya, produk yang dipasarkan sesuai dengan kebutuhan sehari-hari sehingga tidak terlalu sulit untuk ditawarkan kepada semua orang.
  • Diskon
    Seorang member dari bisnis MLM mendapatkan diskon ketika membeli produk sehingga harganya lebih murah dibandingkan dengan harga di katalog. Bahkan, beberapa orang memulai bisnis MLM karena membutuhkan produk yang disediakan tersebut sehingga mereka bergabung agar mendapat harga yang lebih murah. Selain itu, dengan adanya diskon ini juga memungkinkan member mendapat keuntungan dari penjualan produk.

Kedua hal di atas merupakan keuntungan ketika memasuki bisnis MLM. Namun, ada pula keuntungan yang diperoleh dengan memilih peluang usaha ini, yaitu :

  • Resikonya hampir tidak ada. Anda berjualan melalui katalog, sehingga Anda tidak perlu menyewa sebuah toko ataupun menumpuk barang. Produk yang dijual juga tidak akan kadaluwarsa karena Anda hanya akan mendatangkan barang sesuai pesanan.
  • Saingan dalam berbisnis MLM sedikit. Memang, kemungkinan ada orang lain yang juga terjun dalam bisnis yang sama, namun kita dapat menentukan sendiri langkah yang akan dilakukan. Jadi, persaingannya tidak akan terlalu ketat.
  • Keberhasilan ditentukan oleh diri sendiri, bukan pada orang lain.
  • Tidak membosankan karena dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja.
  • Tidak terikat waktu sehingga tidak menganggu aktifitas atau pekerjaan utama. Anda sendiri yang mengatur jam kerja.
  • Memperbanyak kenalan mengingat dalam bisnis ini kita diharuskan untuk berinteraksi dengan banyak orang, jadi kita pasti sering bertemu orang baru.

Banyak sekali dari antara keuntungan tersebut yang tidak bisa didapatkan melalui pekerjaan di kantor atau menjadi karyawan. Itulah sebabnya, para pemula bisnis seringkali memulai bisnis melalui peluang usaha ini. Meskipun demikian, Anda juga harus teliti dalam memilih bisnis MLM yang akan Anda jalankan. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Pilihlah bisnis MLM yang menyediakan beragam produk sehingga dapat mencapai banyak orang. Di samping itu, produk tersebut harus terjamin kualitasnya dan dapat ditukar jika tidak sesuai.
  • Ketahui jenjang karir yang terdapat pada bisnis MLM tersebut.
  • Pastikan bahwa perusahaan tersebut bersertifikasi resmi dalam bisnis penjualan langsung.
  • Pastikan bisnis tersebut menyediakan alat bantu dan tidak berjanji terlalu muluk. Alat bantu yang biasa disediakan adalah CD, buku panduan, dll.

Setiap usaha pastinya harus dibarengi dengan kerja keras. Mulailah bisnis Anda sekarang juga!

Komentar (1)

mantap bgt infonya,tx

Komentar anda

Komentar Anda untuk
Keuntungan Bisnis MLM dan Kiat Menjalankannya