Home Bisnis Cara Bisnis Modal Bisnis UKM Cara Mendapatkan Kredit Usaha Rakyat

Cara Mendapatkan Kredit Usaha Rakyat

4

| Dikirim pada: 21-05-2013 | Kategori: Cara, Modal, UKM | ilustrasi: Jan Stastny | tema: Kredit Usaha Rakyat
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading ... Loading ...

jasa-kredit-usaha

Kredit Usaha Rakyat adalah salah satu program yang dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia pada tahun 2007. Program ini bertujuan untuk membantu para pengusaha UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) agar lebih mudah memperoleh kredit guna membangun / mengembangkan usahanya. Tidak dipungkiri bahwa beberapa kendala yang dihadapi oleh para pengusaha kecil ini biasanya adalah soal modal. Ketika ingin melakukan pinjaman ke bank, hal tersebut terkendala oleh agunan / jaminan.

Sebagai telah disinggung tadi, tujuan dari kredit usaha rakyat ini adalah menjadi sebuah kredit permodalan diberikan oleh perbankan guna membantu para pengusaha mikro, kecil serta menengah. Berikut beberapa tujuan luhur dari kredit usaha rakyat:

  1. Mempercepat berkembangnya sektor riil serta meluaskan pemberdayaan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah).
  2. Melakukan penanggulangan terhadap kemiskinan serta meluaskan kesempatan peluang kerja.
  3. Melakukan peningkatan terhadap akses pembiayaan kepada UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah).

Namun perlu diketahui pula bahwa kredit usaha rakyat ini tidak hanya diperuntukkan bagi mereka yang adalah pengusaha di bidang perdagangan saja. Tetapi sasaran kredit usaha rakyat ini adalah kepada petani, pengusaha perikanan, perkebunan, kehutanan juga bidang jasa dan lainnya. Berdasarkan Inpres No. 2 Tahun 2007, tujuan Kredit Usaha Rakyat adalah untuk memudahkan pelaku usaha mikro kecil menengah untuk memperoleh akses modal usaha, pada bank-bank yang telah ditunjuk oleh pemerintah sebagai mitra.

Kredit Usaha Rakyat tepatnya diluncurkan pada tanggal 5 November 2007 oleh Presiden SBY (Susilo Bambang Yudhoyono). Peluncuran tersebut diadakan di Kantor Pusat BRI Jakarta. Kredit ini disalurkan khususnya untuk sektor ekonomi produktif menggunakan suku bunga maksimal. Sasarannya sebagaimana telah disebutkan di atas adalah sektor usaha yang telah disebutkan di paragraf sebelumnya.

Jadi, bisa dilihat memang pemerintah ingin agar sektor-sektor usaha mikro ini berkembang dengan cara diberikan jaminan oleh pemerintah. Nah, pertanyaannya adalah apakah masyarakat akan berupaya memanfaatkan kesempatan tersebut?

Untuk pelaksana Kredit Usaha Rakyat sendiri telah ditunjuk 6 bank yang bermitra dengan pemerintah yakni:

  • Bank BRI
  • Bank Mandiri
  • Bank BTN
  • Bank Syariah Mandiri
  • Bank Bukopin

Serta ada 2 lembaga penjamin, yakni:

  • Askrindo
  • Perum SPU

Cara Mendapatkan Kredit Usaha Rakyat

Tentu untuk mendapatkan kredit usaha rakyat tersebut harus ada syarat-syarat yang dipenuhi. Hal ini adalah untuk menjadi pertimbangan bank penyedia pinjaman tersebut. Beberapa syarat umum untuk melakukan pinjaman biasanya adalah sebagai berikut:

1. Memiliki status kewarganegaraan Indonesia (WNI).
2. Usaha sedang dijalankan, yakni setidaknya lebih dari setahun.
3. Melakukan pengisian formulir aplikasi pinjaman modal.
4. Menyertakan lampiran seperti fotokopi KTP suami-istri, kartu keluarga (KK), NPWP dan Surat Izin Usaha (SIU).

Ya dengan beberapa persyaratan ini menjadi semacam bukti bahwa Anda memang berniat untuk mengembangkan bisnis. Dengan begitu, pihak pemerintah dan bank akan mempertimbangkan apakah Anda layak mendapatkan pinjaman atau tidak.

Namun yang pasti dengan adanya program pemerintah untuk Kredit Usaha Rakyat ini tentu akan sangat membantu masyarakat kecil yang ingin mengembangkan usahanya. Hal ini juga secara langsung dan tidak langsung mengurangi angka pengangguran di Indonesia. Dikarenakan para masyarakat kecil tidak lagi harus mencari pekerjaan agar dapat membiaya hidupnya, tetapi memulai usaha sendiri. Tentu saja ini sejalan pula dengan pencanangan mencetak banyak pengusaha di Indonesia. Siapa bilang pengusaha harus dari kalangan atas, mereka yang awalnya berasal dari usaha mikro juga dapat menjadi pengusaha sukses, bukan? Intinya adalah mau bekerja dan berpikir kreatif, terlebih lagi telah difasilitasi pemerintah.

Komentar (4)

BAGAI MANA DENGAN PEMBYARANYA

BOHONG! ..saya ke BRI jg ga jelas pada akhirnya , padahal saya udh jalanin usaha 2thn lebih dibidang tour n travel … MALAS SAYA!! ..iklan doang muluk2 .. NOL BESAR! syarat2 udh lengkap …

ribet sy di bri syarat udah lengkap katanya mau cair sudah mondar mandir ngurusin surat ke kelurahan sampe malu jg nggak keluar dananya

selain RIBET, BUNGA PINJAMAN DI BRI JUGA TIGGI. PUSING DECH

Komentar anda

Komentar Anda untuk
Cara Mendapatkan Kredit Usaha Rakyat