Home Bisnis Bisnis Modal Cara Mengajukan Pinjaman Uang Bank

Cara Mengajukan Pinjaman Uang Bank

7

| Dikirim pada: 28-03-2013 | Kategori: Bisnis, Modal | ilustrasi: Jan Stastny | tema: Cara Mengajukan Pinjaman Uang Bank
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (3 votes, average: 4.67 out of 5)
Loading ... Loading ...

jasa-kredit-usaha

Pinjaman uang menjadi salah satu alternatif ketika ingin membuka usaha namun terbentur pada masalah dana. Tidak hanya untuk modal usaha saja tetapi ada pula beberapa tujuan lainnya seperti investasi ataupun yang lainnya. Bank-bank di Indonesia sendiri sudah banyak yang menawarkan program perkreditan ini – mulai dari Bank BRI yang berada di desa-desa, Bank Mandiri, Danamon, CIMB Niaga dan sebagainya. Bank-bank mikro untuk pinjaman usaha tersebut memang dibuka untuk membantu modal usaha masyarakat. Terdapat berbagai produk dan pinjaman hingga bahkan pinjaman tanpa agunan.

Namun, masih ada yang kebingungan bagaimana cara mengajukan pinjaman uang bank? Ya tentu memang ada persyaratan yang harus dipenuhi dan hal tersebut berbeda antara perseorangan ataupun badan usaha yang meminjam. Tidak ketinggalan pula ada beberapa proses yang harus Anda lalui sebagai “tahap perkenalan” antara Anda dan pihak bank. Sebagaimana Anda tidak mau sembarangan meminjamkan uang pada orang lain (yang belum dikenal), begitu juga dengan pihak bank. Akan lebih baik lagi jika Anda memang sudah punya tabungan di bank tersebut yang akan lebih memudahkan Anda melakukan pinjaman.

Anda yang meminjam mewakili perseorangan, ada pun beberapa syaratnya sebagai berikut:

  1. Fotokopi identitas diri (KTP, paspor atau SIM)
  2. Fotokopi akte nikah (bagi yang telah menikah). Ini berfungsi sebagai tanda bukti bahwa harta yang dijaminkan pada bank sudah atas persetujuan bersama ataupun mengetahui apakah harta tersebut adalah harta bersama. Dengan begitu, kedua belah pihak bisa dimintai pertanggungjawaban mengenai harta yang dijaminkan.
  3. Fotokopi kartu keluarga. Ini berfungsi untuk mengetahui apakah calon peminjam / debitur menanggung biaya hidup orang lain selain diri sendiri.
  4. Fotokopi rekening koran / rekening giro ataupun buku tabungan di bank tersebut. Ini bermanfaat untuk menganalisis keuangan calon peminjam dan mengukur penghasilan yang bisa disisihkan guna membayar angsuran.
  5. Fotokopi slip gaji dan surat keterangan bekerja
    Bagi mereka yang bekerja di sebuah perusahaan apakah pemerintah atau swasta, wajib melampirkannya. Ini berguna untuk memastikan calon peminjam memang punya penghasilan tetap.

Ada pula yang harus diingat bahwa biasanya ketika kita melakukan pinjaman uang bank maka akan Anda jaminan / agunan yang akan kita berikan. Biasanya nilai barang jaminan tersebut lebih besar atau paling tidak harus sama dengan nilai uang yang dipinjam. Jika Anda tidak mampu membayar angsuran pinjaman maka harta Anda bisa disita sebagai ganti uang pinjaman. Pihak bank punya tim penilai sendiri yang bertugas menilai jaminan yang Anda ajukan tersebut.

Untuk jaminan sendiri bisa bervariasi. Apabila Anda meminjam uang untuk usaha maka biasanya jaminan bisa berupa rumah, tanah, kendaraan dan sebagainya. Sementara itu, Anda yang melakukan kredit kepemilikan mobil atau rumah maka jika tidak sanggup meneruskan angsuran – yang disita adalah rumah dan mobil tersebut.

Pada dasarnya melakukan pinjaman uang bank tidaklah sulit. Anda cukup datang ke bank yang dituju dan bertanya pada bagian customer service mengenai detil cara pinjaman. Atau Anda bisa bertanya pada marketing bagian kredit guna menjelaskan prosedurnya. Namun pastikan lebih dulu perhitungan Anda dan memastikan bahwa apa tujuan Anda meminjam uang ke bank dan apakah Anda sanggup membayarnya. Dengan begitu, Anda pun lebih siap dan tidak kuatir mengenai jaminan yang diberikan kepada bank. Jika hal yang penting maka kita meminjam maka tentu akan menjadi sebuah berkah.

Komentar (7)

Apakah bisa mengajukan di setiap bank bri??
Misalkan saya ktp domisili di jawa tengah,, trus saya lagi kerja di cikarang di yamaha,, apaa bisa mengajukan di bang bri yg ada di cikarang??

Mohon maaf saya tidak terlalu mengetahui tentang hal tersebut, namun berdasarkan pengalaman pribadi utk bank BRI bisa dilakukan dimana pun selama pihak perusahaan (apabila jaminannya berasal dari kantor) telah bekerja sama dengan bank BRI. Namun apabila jaminannya bersifat pribadi harus dilakukan di BRI setempat (dekat dg tempat tinggal).

Sebaiknya anda hubungi pihak BRI dekat kantor anda terlebih dulu untuk lebih jelasnya. Maaf tidak dapat membantu banyak.

saya pedagang sayur mayur di pasar daerah pasuruan sya sdh memiliki pinjaman d bri,,sudah berjalan 5 bln dgn jaminan los pasar kira2 saya bisa gk y mengajukan tambahan lagi top up,gitu trims atas waktu anda….

saya butuh KMG BRI-bisa tolong di info persyaratan, kondisi dana atau telp yang bisa dihubungi. terimaksih

Kalo mau pinjam tp tidak punya jaminan apa-apa gmn? Tp status orang tersebut pekerja/karyawan swasta. Kira2 bisa gak min untuk meminjam uang di bank. Dan kalo bisa di bank mana?

SEBENARNYA MUDAH UNTUK MENGATASI MASALAH BAPAK/IBU SEMUA, YANG HARUS DIPERHATIKAN OLEH ANDA SEMUA YAITU, HIDUP HEMAT DONGG, JANGAN BANYAK UTANG,, PAYAH MAU AJA DI KASIH BUNGA BANK.

rumah yg sdh dijaminkan (a/n ortu ) dlm jk wktu 3 thn lbh…apa bs di apraisal lg untuk diajukan pinjaman lg a/n sy sndri…
tx

Komentar anda

Komentar Anda untuk
Cara Mengajukan Pinjaman Uang Bank