Home Manajemen Pola Pikir Profil Wirausaha Sukses di Indonesia

Profil Wirausaha Sukses di Indonesia

0

| Dikirim pada: 23-05-2013 | Kategori: Manajemen, Pola Pikir | tema: Profil Wirausaha Sukses
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading ... Loading ...

pengusaha-sukses-indonesia

Kadang dan bahkan sering kali kita biasanya punya seseorang yang jadi anutan. Termasuk pulalah dalam hal menjadi seorang pengusaha. Kesuksesan dari profil wirausaha sukses dapat menjadi semacam motivasi bagi kita masing-masing untuk melangkah seperti inspirator tersebut. Profil-profil tersebut memberi informasi apa yang mereka lakukan, apa yang membuat mereka sukses dan bahkan kegagalan apa yang mungkin pernah mereka alami. Dengan begitu, kitapun punya semacam panduan untuk “bergerak” di usaha kita.

Di Indonesia terdapat beberapa profil wirausaha sukses. Kesuksesan merekapun sangat mencengangkan. Ibarat istilah “from zero to be hero”. Mereka awalnya adalah “orang-orang biasa” bukan dari kalangan yang “bagaimana”. Namun, ternyata mereka bisa membuktikan diri bahwa faktor utama keberhasilan adalah USAHA!

Mari kita lihat contoh profil wirausaha sukses di Indonesia:

Profil Wirausaha Sukses – BOB SADINO

Bicara soal wirausaha sukses pasti kita langsung terbersit kepada Bob Sadino. Ya, Beliau memang salah satu pengusaha yang paling dikenal di Indonesia, bukan hanya oleh kesuksesannya tetapi branding dari penampilannya serta pemikiran-pemikiran anehnya.

Awal wirausaha Bob Sadino adalah ketika dia mengalami kegagalan dalam usaha sebelumnya. Bob Sadino awalnya mendapatkan warisan dan bisa membeli mobil Mercedes tahun 1960-an. Kemudian, dia membeli mobil lainnya lagi untuk dijadikan sebagai taksi. Namun naas, mobil taksi tersebut mengalami kecelakaan dan tidak bisa diperbaiki lagi. Hal ini sempat membuat Bob stres karena kehilangan pekerjaannya sebagai supir taksi.

Namun, hal ini membuat motivasi Bob semakin kuat. Dia menjadi kuli bangunan. Selain itu, ternyata ada temannya yang menawarkan kepada dirinya untuk memelihara ayam broiler didatangkan langsung dari negeri Belanda. Hal inilah yang menginspirasikan Bob menjadi wirausaha sukses! Dia berpikir: “Ayam yang hanya diberi paruh dan kaki saja dapat mencari makan sendiri, kenapa manusia tidak?”

Bob Sadinopun berhasil menjadi seorang pengusaha sukses di bidang ayam broiler. Pada saat itu memang ayam tersebut masing jarang ada di Indonesia. Anda yang pernah ke Jakarta dan sudah sering di sana mungkin sudah pernah melihat Kemfood dan Kemfarm yang didirikan oleh Bob Sadino. Kemfood adalah toko yang menjual daging ayam, sapi dan berbagai daging olahan lain. Lokasinya berada di Jl. Jenderal Sudirman. Sementara itu, Kemfarm adalah toko yang menjual berbagai jenis sayuran yang sangat segar. Terdapat pula supermarket Kem Chick yang ada di Kawasan Kemang.

Tahukah Anda apa yang membuat toko-toko milik Bob Sadino ini unik? Tidak ada cabang! Bob Sadino berpikir bahwa “kalau kita sudah cukup, maka saatnya mencukupkan orang lain”. Terbukti usaha Bob Sadino sukses dan stabil! Kemudian, ada satu lagi pemikir unik yang dimiliki oleh Bob yakni: Sekolah adalah racun. Sekolah sering membuat seseorang pilih-pilih yang malah menghambat mereka menjadi sukses.

Inspirasi bagi Kita

Ya, dari profil wirausaha sukses Bob Sadino memberikan inspirasi bagi kita bahwa kita harus kreatif dan tidak membatasi diri. Berpikir berbeda. Jika ingin menarik perhatian tentu kita harus BEDA, nah inilah yang mesti kita cari dan tampilkan. Untuk itu, mengoreksi potensi diri perlu dilakukan guna menemukan minat kita. Mau tahu dan belajar menjadi faktor penting. Seperti Bob Sadino yang awalnya tidak mengerti soal ayam Broiler, akhirnya malah menjadi pengusaha ayam broiler yang sukses. Anda pasti sering mendengar istilah “dimana ada kemauan pasti ada jalan”. Ya, kemauan itu biasanya akan memacu kita untuk memahami dan melakukan.

Komentar anda

Komentar Anda untuk
Profil Wirausaha Sukses di Indonesia