Home Bisnis Tips Usaha Tips Menulis Proposal Pengajuan Usaha

Tips Menulis Proposal Pengajuan Usaha

0

| Dikirim pada: 01-06-2013 | Kategori: Tips Usaha | ilustrasi: Brian Lary | tema: Proposal Pengajuan Usaha
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading ... Loading ...

proposal-pengajuan-usaha

Proposal pengajuan usaha merupakan semacam rencana mengenai bisnis usaha yang disusun. Ini merupakan langkah awal sebelum bisnis tersebut dijalankan. Dalam sebuah proposal, terdapat rencana usaha umum seperti misalnya jenis usaha yang dijalankan, konsentrasi bisnis, lokasi dan besar biaya dan bagaimana strategi pemasarannya. Penyusunan sebuah proposal sendiri bukan tanpa alasan. Namun justru proposal ini berfungsi sebagai jalan yang bertujuan untuk memperoleh bantuan dana ataupun tempat usaha. Selain itu, tidak hanya pada memperoleh bantuan saja tetapi juga sebagai acuan pribadi guna mengembangkan usaha yang ada.

Mempelajari tips menulis proposal pengajuan usaha dapat mengantarkan Anda pada pembangunan usaha bahkan tanpa pengeluaran modal. Apabila proposal disetujui maka modal ditanggung oleh pihak penanam modal tersebut. Tentu dalam membuat sebuah proposal harus dilakukan secara matang dengan perhitungan dan rencana yang merinci. Para pemodal sendiri pastinya adalah orang-orang yang telah memiliki pengalaman di bidang bisnis. Jadi, jika tawaran bisnis yang Anda ajukan hanya dilakukan secara a la kadarnya serta tanpa perhitungan dan rencana yang cermat, mereka akan segera menolak.

Manfaat Proposal Pengajuan Usaha

Dengan proposal pengajuan usaha, rencana kerja Anda akan lebih terarah. Ini dikarenakan rencana usaha dituangkan dalam bentuk tulisan serta visualisasi seperti misalnya gambar, penjelasan akan lebih cerah. Anda pasti akan membuat pertimbangan mengenai banyak hal yang menyusun proposal tersebut. Dengan begitu pula, kita tahu mana yang kurang dan mana yang belum. Kita juga tahu plus-minus sehingga bisa melakukan riset dan rencana lagi.

Menulis proposal pengajuan usaha bisa dilakukan oleh siapapun baik mereka yang masih baru dalam dunia bisnis ataupun sudah lama. Atau akan lebih baik lagi memang jika dibimbing oleh mereka yang sudah kompeten, menggunakan panduan dari buku atau Internet dan sebagainya. Isinya bergantung pada masing-masing orang sesuai dengan kebutuhan dan apa yang akan diajukan.
Tips Mengajukan Proposal Pengajuan Usaha

Ya, proposal pengajuan usaha yang telah selesai dibuat dan dievaluasi dapat diajukan ke lembaga tertentu atau pemodal tertentu. Sebagai contoh kepada pihak bank ataupun pemilik modal, mereka akan melihat arah dan bentuk usaha yang Anda ajukan atau menjadi pertimbangan apakah mereka akan memberikan bantuan dana atau tidak.

Kemudian, setelah proposal Anda diterima dan telah ditindaklanjuti oleh pihak investor – Andapun harus segera meresponnya lagi. Anda harus menindaklanjuti apa yang sudah tertuang dalam proposal karena modal yang diberikan harus segera diputar. Pihak investor pastinya akan meminta laporan pertanggungjawaban dari Anda mengenai kegiatan usaha dan survei lapangan. Untuk modal yang diberikan dalam bentuk pinjaman lunak, tentu harus dikembalikan dengan cara pembayaran cicilan.

Oleh karena itu, jangan sampai penggunaan modal yang diberikan malah tidak efektif. Hal ini akan memberi citra buruk pada Anda dan menjadi catatan hitam ke depannya. Maka dari itu, sebelum mengajukan proposal pengajuan usaha adalah penting untuk benar-benar memikirkan dan menghitung secara matang mengenai rencana bisnis Anda. Perhitungan secara detil akan mampu menimalkan risiko kerugian yang terjadi. Dengan manajemen yang baik termasuk dalam hal penggunaan modal tentu akan membuat usaha Anda berjalan dengan lancar dan semakin besar. Hal ini menjadi catatan baik bagi diri Anda dan tidak menutup kemungkinan memperoleh dana lebih besar lagi pihak investor. Semoga berhasil!

Komentar anda

Komentar Anda untuk
Tips Menulis Proposal Pengajuan Usaha