Home Valuta Mengenal Macam-macam Uang di Indonesia

Mengenal Macam-macam Uang di Indonesia

1

| Dikirim pada: 30-03-2013 | Kategori: Valuta | tema: Macam Uang Indonesia
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading ... Loading ...

nilai-tukar-rupiah

Sudahkah Anda mengenal macam-macam uang di Indonesia? Tahukah Anda institusi mana yang menangani soal percetakan uang di Indonesia? Jawabannya adalah PERUM PERURI atau dipanjangkan menjadi “Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia” yang merupakan Badan Usaha Milik Negara. Tentu ada peraturan seputar pencetakan uang di setiap negara, begitu juga dengan Indonesia. Pencetakan uang di Indonesia pun diatur oleh undang-undang yakni Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2006 yang mengatur tentang uang baik uang kertas dan logam serta produk sekuriti lainnya seperti kertas berharga non uang dan logam non uang.

Mari kita bahas dan mengenal lebih dalam mengenai uang di Indonesia. Di masyarakat sendiri dikenal 3 jenis uang yakni sebagai berikut:

1. Uang Kartal
Uang kartal adalah uang kertas dan uang logam. Merupakan alat bayar sah dan sudah wajib untuk diterima oleh masyarakat untuk transaksi sehari-hari. Hak tunggal untuk mengeluarkan uang kartal dipegang oleh Bank Indonesia.

Keuntungan menggunakan uang kertas antara lain adalah:

  • Menghemat penggunaan logam mulia untuk mencetak uang (yakni uang logam)
  • Ongkos pembuatan tentu lebih relatif murah jika dibandingkan dengan pembuatan uang logam.
  • Peredaran lebih mudah karena bersifat elastis yakni mudah dicetak dan juga diperbanyak.
  • Pengiriman dalam jumlah besar pun jauh lebih mudah.

Namun uang logam sendiri punya keunggulan yakni tahan lama jika dibandingkan dengan uang kertas yang mudah rusak. Tetapi memang kebanyakan uang logam dicetak dalam nominal kecil seperti Rp 100, Rp 200 dan Rp 500 atau Rp 1.000. Membawa uang logam pun cukup berat daripada menggunakan uang kertas yang notabene ringan untuk dibawa dalam dompet atau saku.

2. Uang Giral
Uang giral merupakan tagihan yang terdapat di bank umum yang bisa dipakai sewaktu-waktu sebagai alat pembayaran. Jenis uang ini sendiri bukanlah alat pembayaran sah sehingga boleh ditolak oleh masyarakat. Yang menerbitkan uang giral adalah bank umum dengan ketentuan berdasarkan pada UU No. 7 mengenai Perbankan Tahun 1992.

Uang giral sendiri berupa cek, giro dan telegrafic transfer. Ada beberapa keuntungan menggunakan uang giral yakni sebagai berikut:

  • Memudahkan kita untuk melakukan pembayaran karena tidak butuh penghitungan uang.
  • Alat pembayaran tanpa jumlah yang terbatas, yakni sesuai dengan nilai yang dibutuhkan.
  • Lebih aman karena resiko uang hilang sangat kecil. Apabila hilang bisa langsung dilaporkan ke bank tempat mengeluarkan giro tersebut.

3. Uang kuasi
Sementara itu, terdapat satu lagi jenis uang di Indonesia yakni uang kuasi. Uang kuasi merupakan surat-surat berharga yang bisa digunakan sebagai alat pembayaran. Beberapa contohnya adalah deposito berjangka dan rekening valuta asing.

Balik berbicara mengenai PERUM PERURI. PERUM PERURI sendiri diberi wewenang dan tugas untuk mencetak 5 produk unggulan, yaitu:

  • Uang Republik Indonesia yang mencakup uang kertas dan uang logam.
  • Paspor RI
  • Pita cukai
  • Materai
  • Sertifikat tanah.

Tidak hanya itu, Perum Peruri pernah pula memperoleh kepercayaan guna mencetak dokumen-dokumen sekuriti negara lain seperti Malaysia, Nepal dan Sri Lanka.

Terdapat 3 lokasi gedung yang digunakan oleh Perum Peruri dan masing-masing memiliki fungsi sendiri-sendiri. Peruri pertama berlokasi di Jakarta yang berperan sebagai kantor administrasi dan pemasaran. Peruri Karawang berperan sebagai pabrik percetakan uang atau dokumen sekuriti yang lainnya. Sementara itu, Peruri di Surabaya berfungsi sebagai percetakan dokumen sekuriti untuk wilayah Timur dari Indonesia.

Sekarang, Anda sudah mengenal lebih dalam mengenai jenis-jenis uang di Indonesia serta mengenai pencetakan dan aturan mainnya, bukan?

Komentar (1)

wkakakaa.. pengen cetak uang sendiri..

Komentar anda

Komentar Anda untuk
Mengenal Macam-macam Uang di Indonesia