Home Bisnis Tips Usaha Kiat Usaha Franchise agar Cepat Balik Modal

Kiat Usaha Franchise agar Cepat Balik Modal

0

| Dikirim pada: 28-11-2012 | Kategori: Tips Usaha | ilustrasi: Les Powell | tema: Usaha Franchise
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading ... Loading ...

Tidak bisa dipungkiri bahwa dengan situasi lapangan pekerjaan yang tidak terlalu lebih sedikit dari jumlah pencari kerja, orang tidak punya pilihan lain selain berpikir keras mengenai jenis pekerjaan yang tidak melulu karyawan atau pegawai. Kesempatan kerja di luar karyawan dan pegawai sebenarnya lebih luas karena justru orang bisa membuat berbagai macam usaha yang bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan mereka masing-masing.

Banyak orang yang kemudian berminat menjadikan bisnis sebagai sumber utama penghasilan mereka, tetapi ada pula orang yang ingin membangun bisnis sampingan meskipun mereka sudah memiliki pekerjaan tetap misalnya. Apa pun pilihan dan alasan di balik pembangunan sebuah bisnis, tentu seorang calon pebisnis perlu memenuhi beberapa hal agar benar-benar menjadi pebisnis yang sebenarnya.

Modal merupakan salah satu hal penting yang diperlukan untuk mulai menjalankan bisnis. Jumlah modal yang dimiliki akan berpengaruh terhadap bentuk bisnis yang akan dijalankan karena pebisnis perlu menyesuaikan jenis bisnis dengan jumlah modal yang mereka miliki. Selain itu, ide bisnis juga akan sangat berpengaruh terhadap jalannya bisnis.

Ide bisnis dengan peluang yang cukup besar perlu ditemukan, tetapi banyak orang yang beranggapan bahwa ide bisnis dengan peluang besar tidak mudah ditemukan. Selain itu, bahkan dengan ide bisnis yang unik dan mempunyai peluang yang besar sekalipun akan ada banyak tantangan yang akan ditemui oleh pebisnis saat memulai bisnis tersebut dari nol. Jangankan unuk meraih untung, untuk balik modal saja terkadang sangat sulit dilakukan.

Dengan resiko yang harus dihadapi oleh pebisnis yang harus memulai bisnis dari nol, banyak orang yang memilih usaha franchise sebagai bisnisnya karena usaha ini sudah mempunyai sistem yang teruji sehingga pebisnis tidak perlu lagi melakukan trial and error dalam bisnis. Meskipun usaha jenis franchise merupakan bentuk usaha dengan struktur yang sudah jelas, tentu akan butuh waktu bagi pebisnis untuk meraih keuntungan.

Sebelum bermimpi untuk mendapatkan keuntungan melimpah dari bisnis franchise, pebisnis perlu fokus terlebih dahulu terhadap usaha untuk mencapai BEP alias balik modal. Bisnis franchise perlu mencapai balik modal dalam waktu singkat karena terlalu lama meraih BEP justru akan berpengaruh pada menurunnya omzet usaha.

Oleh karena itu, agar bisnis franchise lekas balik modal, ada beberapa hal yang perlu dilakukan oleh pebisnis franchise. Hal pertama yang akan sangat berpengaruh terhadap jalannya bisnis ke depan adalah pemilihan lokasi yang tepat. Lokasi strategis perlu dipilih seperti pinggir jalan utama, perempatan, dan lain sebagainya. Kuncinya adalah mencari lokasi yang menarik dan mudah dijangkau oleh pembeli. Pilihan take over akan jauh lebih menguntungkan daripada membuka lokasi baru yang belum terlalu dikenal oleh calon konsumen.

Apabila pebisnis franchise mempunyai modal yang cukup besar, mereka tidak hanya bisa membuka satu outlet fanchise melainkan juga memegang hal waralaba utama di daerah tertentu sehingga pengaturan franchise lain yang akan dibuka di daerah tersebut akan berada di tangan pemilik hak waralaba utama. Stok barang yang kontinu akan berpengaruh besar terhadap kepuasan dan kesetiaan pelanggan karena pelanggan akan mudah berpaling ke outlet lain jika barang yang diinginkan tidak ditemukan di franchise tertentu.

Efisiensi penggunaan biaya tetap seperti untuk gaji karyawan, biaya listrik, telepon, dan lain-lain perlu dioptimalkan untuk segera meraih BEP dalam pembukuan bisnis franchise. Selain itu, adanya nilai tambah dalam outlet yang tidak melulu persis dengan sistem standard akan sangat berguna menarik lebih banyak pelanggan setia.

Komentar anda

Komentar Anda untuk
Kiat Usaha Franchise agar Cepat Balik Modal